Sebagai Bahan Pertimbangan, Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Tenaga Surya di Rumah

4 Juni 2020

Sebelum Memutuskan, Pelajari Sistem dan Teknis pada Pemanas Air Tenaga Surya

Mandi tentu menjadi aktivitas yang akan dipilih sebagian orang, karena setelah seharian lelah beraktivitas, tubuh harus dibersihkan dan penyegaran. Air hangat sendiri terbukti dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, salah satunya membuat syaraf-syaraf tubuh menjadi lebih rileks.

Namun yang kemudian harus dipikirkan adalah ketika kebutuhan mandi air hangat ini dilakukan hampir setiap hari, pasti akan berdampak pada pengeluaran. Kecuali jika Anda memilih untuk menggunakan panel surya. Ya, panel surya adalah sebuah teknologi yang dapat memanfaatkan matahari menjadi sumber energi tertentu, energi listrik dan juga pemanas air.

Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, mari simak dan pelajari dulu bagaimana sebenarnya pemanas air tenaga surya bekerja beserta kelebihan dan kekurangannya.

Sistem dan Teknis pada Solar Water Heater Sistem pemanas air tenaga surya diaplikasikan dengan memanfaatkan panel surya, atau kolektor. Kolektor inilah yang kemudian dipasang di bagian atap rumah, atau bagian rumah lain yang dapat menerima pancaran panas matahari dalam durasi yang panjang dan secara langsung. Kolektor menyimpan panas dan menggunakannya untuk memanaskan air.

Proses memanaskan air yang terjadi pada pemanas air tenaga surya adalah pada bagian yang disebut cylinder (tabung) yang memiliki dua fungsi. Yaitu memanaskan dan menyimpan air panas yang kemudian dialirkan menuju pipa air panas menuju ke shower atau bath tub. Pemanas air tenaga surya juga memiliki penyimpanan air panas. Fungsinya seperti termos air panas yang mampu menjaga air tetap panas selama berjam-jam. Selain itu ada juga panel kolektor yang berfungsi menyimpan panas dan memanaskan air, jika airnya sudah tersedia.

Selain itu ada juga storage tank atau media penyimpanan air panas. Fungsi yang satu ini berfungsi untuk menyimpan air panas ketika suatu saat Anda membutuhkannya. Suhu air panas di dalam storage tank memiliki suhu sekitar 60? C. Saat air dingin masuk ke dalamnya, air panas yang tersimpan kemudian dikirim ke luar, menuju ke kran di dalam rumah Anda.

Dilihat dari perspektif cara kerja, sistem pemanas air tenaga surya terbagi dua:

1. Pemanas air tenaga surya sistem pasif Pemanas air tenaga surya jenis pasif adalah pemanas air yang bekerja secara alami menggunakan prinsip thermosipon, dimana air yang telah dipanaskan di panel kolektor akan naik masuk secara Alami ke tangka storage solar water heater.

Hal ini terjadi karena massa jenis air yang berbeda antara suhu yang rendah dan suhu yang tinggi. Suhu yang tinggi memiliki massa jenis air yang ringgan sehingga dipastikan suhu air tersebut ada pada level permukaan air, oleh karenanya posisi panel kolektor pasti lebih rendah dari tangki dan dipasang pada kemiringan minimum yaitu 20 derajat sehingga air panas akan selalu ada pada outlet / keluaran di tangka yang menuju pipa air panas ke alat sanitary (shower, bathube, westafel,dll)

Umunya system pasif ini digunakan untuk residential dimana kebutuhan air panas hanya cukup untuk 1 keluarga dengan kapasitas 100 – 300 liter.

2. Pemanas air tenaga surya sistem aktif Berbeda dengan system pasif yang memanfaatkan system thermosipon, Sistem Aktif membutuhkan alat tambahan yaitu POMPA SIRKULASI untuk memindahkan air yang telah dipanasi di panel kolektor untuk dikirim ke tangki penyimpanan air panas (storage tank).

Sistem aktif merupakan system yang cukup kompleks karena harus menggunakan sensor suhu untuk bisa membaca perbedaan temperature antara tangki dan panel kolektor, alat ini biasa dinamakan TDC (Temperatur Diffirent Control). Jika suhu air di panel kolektor 35 derajat sedangkan di tangki air panas 30 derajat, maka TDC akan memerintahkan pompa untuk hidup dan mengirim air yang ada di panel kolektor untuk masuk kedalam tangki, dan air yang suhunya lebih rendah di tangki dikirim ke panel kolektor untuk dipanaskan kembali, begitu seterusnya.

Biasanya sistim ini digunakan untuk kapasitas kapasitas besar seperti Hotel dan Rumah Sakit, karena 1 tangki storage bisa membutuhkan beberapa panel kolektor, seperti contoh untuk 1000 liter air panas membutuhkan 9 panel kolektor.

Setelah Anda mengetahui jenis dan cara kerja sistem pemanas air tenaga surya, tentu sudah tidak bingung lagi menggunakan sistem ini di rumah, bukan? Yang harus Anda catat adalah manfaat dari pemanas air tenaga surya. Di antaranya:

1. Anda bisa memperoleh fasilitas air panas tanpa harus khawatir dengan pengeluaran. Hal ini karena proses pemanasan air dilakukan lewat tenaga panas matahari yang tidak dipungut biaya dan tak terbatas. Tentu akan berbeda ketika Anda menggunakan pemanas gas atau listrik.

2. Manusia yang baik adalah manusia yang memperhatikan stabilitas sekitarnya, termasuk lingkungan hidup. Menggunakan tenaga surya (matahari) sama artinya dengan menerapkan sumber daya terbarukan, mengurangi emisi dan tentu saja, lebih ramah lingkungan.

3. Rumah yang menggunakan sistem pemanas air tenaga surya dapat menjadi satu keunggulan ketika Anda berniat menjual rumah. Harga hunian pasti akan naik dan menjadi incaran.

Agar Anda bisa yakin dalam memutuskan, simak juga kekurangan dari memasang sistem pemanas air tenaga surya di rumah:

1. Tergantung pada matahari. Tentu saja dari namanya, Anda harus memastikan daerah tempat tinggal memperoleh panas matahari yang cukup. Namun jangan khawatir, saat ini pemanas air tenaga surya sudah dilengkapi dengan back up listrik, sehingga jika anda membutuhkan air panas walaupun dalam kondisi hujan berhari hari tetap dapat mendapatkan air panas.

2. Sesuaikan dengan rumah. Kondisi rumah yang posisinya terlalu berdempetan dengan rumah lainnya, terhalang oleh bangunan tinggi dan atap rumah yang kurang kuat tidak memungkinkan menggunakan sistem pemanas tenaga surya sehingga harus dilakukan renovasi terlebih dahulu.

3. Biaya di muka yang lumayan besar juga menjadi salah satu kekurangan sistem pemanas air tenaga surya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena investasi anda akan kembali dalam waktu tidak lebih dari 4 tahun dikarenakan anda mendapatkan air panas tanpa mengeluarkan biaya operasional (berbeda dengan water heater listrik atau gas yang sangat konvensional)

Nah, bagaimana sekarang? Setelah mengetahui lebih banyak tentang sistem pemanas air tenaga surya lengkap dengan kelebihan serta kekurangannya, Anda sudah bisa mengambil keputusan dong.

Pastikan ketika Anda memutuskan untuk menggunakannya di rumah, pilih produk yang sudah jelas kualitasnya dan gunakan jasa instalasi yang profesional seperti Ariston Solar Water Heater demi mendapatkan hasil yang terbaik.

Comfort and Enjoy Your Life