Pentingnya Aspek Estetika Sekaligus Memperoleh Manfaat Air Hangat di Rumah

17 September 2020

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia pun meningkat. Salah satunya kebutuhan akan air hangat, baik untuk mandi ataupun mencuci. Inilah yang kemudian membuat pemanas air mulai menjadi benda yang sudah banyak ada di rumah maupun gedung bangunan lainnya. Pemanas air sendiri ada tiga jenis, pemanas air tenaga surya, pemanas air tenaga listri dan pemanas air dengan gas. Tentu saka ketiga jenis water heater tersebut memiliki sistem pengoperasian dan instalasi yang berbeda-beda. 

Selain sistem pengoperasian dan instalasi pada pemanas air, ada satu hal lagi yang terkadang dilupakan, yaitu unsur estetika alias keindahan (seni). Tak hanya fungsi yang baik dan optimal, sebuah sistem pemanas air juga perlu memiliki nilai estetika. 

1. Solar Water Heater
Anda tentu sudah tahu bahwa sumber energi pemanas air yang satu ini alat ini adalah tenaga sinar matahari. Bahkan saat cuaca mendung dan hujan sekalipun, jika panel solar telah terisi tenaga, sistem ini akan tetap dapat menghasilkan air panas. Semisal tak tersedia sinar matahari selama 2 hari, sumber tenaga akan digantikan oleh tenaga listrik sebentar dan selanjutnya akan digantikan oleh tenaga surya. 

Solar water heater telah dirancang sedemikian rupa dengan asumsi intensitas cahaya seminimal mungkin yang dapat diserap sebagai sumber tenaga. Memang harganya relatif lebih mahal namun sebanding dengan daya tampung air panas yang cukup banyak sampai usaha kos-kosan pun mampu dilayani oleh alat ini. Selain itu water heater tenaga surya aman untuk digunakan. 

Instalasi jaringan air dilakukan oleh tenaga ahli dan ada jaminan ketahanan, kebocoran dan kerusakan ketika digunakan. Memiliki garansi perawatan berkala. Instalasi yang rapi dengan pemipaan yang tertanam dengan baik tentu akan menciptakan estetika pada ruangan secara khusus dan secara umum pada bangunan. Tidak akan ada pipa atau alat-alat yang terlihat kamar mandi bersih dari alat-alat yang terlihat, panel surya dan alat lainnya dipasang di atas atap bangunan. 

Untuk suhu panas air yang mengalir telah disesuaikan dengan kalkulasi pada sistem yang ada pada alat. Lakukan “mix” aat akan digunakan lewat kran. Sebagai informasi tambahan, alat ini memiliki sistem jaringan terpusat yang dapat didistribusikan ke jaringan semua tempat/ruang yang akan dialiri.

2. Electric Water Heater 
Electric water heater sifatnya unit dan biasanya diinstalasi pada lokasi yang akan dialiri air panas, satu unit hanya melayani satu kamar mandi. Instalasi untuk jenis pemanas yang satu ini perlu disiapkan dari awal dan instalasi tertanam di dalam dinding, pipa untuk air panas dan pipa air dingin. 

Alasan kenapa alat dipasang di dalam kamar mandi untuk memudahkan jangkauan dalam memilih temperatur panas yang diinginkan dan saat ingin dimatikan jika tidak digunakan.  Yang harus diingat jika sering dimatikan maka akan klik dari awal untuk proses pemanasannya penggunaan listrik akan boros, sama halnya dengan AC ataupun kulkas, bila mencapai suhu tertentu maka akan beralih ke mode standby. 

Anda tidak perlu khawatir karena alat ini mempunyai standar keamanan cukup tinggi selama kita memilih/membeli yang mempunyai kualitas standar SNI. Jangan pilih sembarang produk dengan iming-iming murah meriah. Sementara secara estetika, unit water heater dari ruang akan tampak pada sudut atas bawah plafon. Bila ingin tidak terlihat maka dapat saja diletakkan di bagian luar bangunan bila di lantai dasar.

3. Gas Water Heater 
Sesuai namanya, alat ini menggunakan gas sebagai sumber tenaga layaknya kompor gas.  Biaya operasionalnya lebih murah dibanding kedua alat water heater di atas. Di Indonesia alat ini hadir relatif lebih baru dan mudah pemasangannya tanpa instalasi yang khusus dan tidak perlu disiapkan dari awal., Hanya dengan disambungkan ke kran yang ada lalu lubangi dinding seukuran pipa sebagai jalur pipa fleksibel gas, tabung gas diletakkan di luar ruang. 

Pilih yang telah memiliki standar uji SNI juga untu alat ini untuk gas water heater dengan tingkat keamanan yang baik. Jangan lupa juga untuk memilih yang baik dan memilik jaminan perawatan serta keamanannya, lagi-lagi jangan pilih produk sembarang. Sama dengan electric water heater, alat ini bersifat unit, hanya dapat dipasang untuk satu unit kamar mandi.

Sementara dari segi estetika sejujurnya kurang baik karena tabung gas di luar dinding bangunan akan terlihat. Namun bisa saja didesain dari awal untuk menyembunyikan tambung gas agar terlihat rapi dan tidak mengganggu pandangan mata. 

Kesimpulannya, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda serta fungsinya. Pilih yang berkualitas baik sehingga biaya yang sudah Anda keluarkan tidak sia-sia. Salah satu merk pemanas air yang sudah jelas memiliki SNI dan kualitas adalah Ariston Water Heater. Anda pun dapat memilih jenisnya karena Ariston Water Heater memiliki pilihan produk yang lengkap dan terjamin. 

Utamakan keamanan baru kemudian perhatikan kenyamanan serta estetikanya. 

Complete and Enjoy Your Life