5 Hal Penting yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menggunakan Pemanas Air

20 Februari 2020

Kehidupan masyarakat urban maupun rural yang semakin penuh dengan hiruk-pikuk kini membuat masyarakat terus mencari pelarian untuk mendapatkan relaksasi maksimal. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin mutakhir pula, kini Anda dapat dengan mudah relaksasi melalui mandi air panas di rumah secara instan. Penggunaan pemanas air atau water heater kini semakin digemari oleh masyarakat.

Varian pemanas air yang beragam kadang kala dapat membingungkan Anda dalam memilih. Kualitas masing-masing varian pemanas air pun juga berbeda dari satu dan lainnya. Oleh karena itu, tentu Anda menginginkan pemanas air yang berkualitas, bukan?. Yuk, simak 6 hal ini sebelum Anda membeli pemanas air untuk relaksasi di rumah Anda.

1. Ketahui Produk Pemanas Air yang akan Digunakan Secara Komprehensif
Anda sebaiknya tidak asal memilih jenis pemanas air tanpa mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai komponen seperti bahan bakar yang digunakan, efisiensi energi, serta jenis tanki dan kapasitas penyimpanan. Tanpa mengetahui secara komprehensif tentang jenis pemanas air yang akan Anda pilih, mungkin Anda akan merasa bahwa ekspektasi Anda terhadap pemanas air tersebut tidak sesuai.

Pertama, mulailah dari mempertimbangkan bahan bakar atau sumber tenaga yang digunakan. Hal yang perlu diketahui adalah bahwa pemanas air memiliki variannya tersendiri berdasarkan sumber tenaga nya, seperti Solar Water Heater, Electric Water Heater, Gas Water Heater, Heat Pump Water Heater, dan bahkan Heat Pump Swimming Pool. Jenis yang paling popular adalah Gas Water Heater dan Electric Water Heater.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Gas Water Heater atau pemanas air berbahan bakar gas, sebaiknya Anda perhatikan apakah bahan bakar utamanya menggunakan gas jenis LPG atau LNG. Hal ini dilakukan agar tidak salah ketika menggunakannya atau ketika mengisi ulang tabung gas. Pemanas air berbahan bakar gas ini disinyalir cukup praktis karena dapat dimonitor dengan mudah.

Lain halnya jika Anda memutuskan untuk menggunakan Electric Water Heater atau pemanas air berbahan bakar listrik. Pemanas air jenis ini penggunaannya lebih nyaman, mudah dikontrol, praktis, dan hemat sesuai pemakaian. Anda juga dapat mengatur penggunaannya seefisien mungkin agar sesuai dengan pemakaian. Kelebihan lain yang dapat anda miliki adalah jika Anda berpergian dalam jangka waktu yang lama, Anda dapat mematikan mesin pemanas air agar hemat listrik.

Kedua, mulailah dengan memperhatikan efisiensi energi nya. Jenis apapun yang Anda pilih, sejatinya pemanas air merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang membutuhkan energi besar. Oleh karena itu, pilihlah pemanas air yang mengutamakan kehematan energi.
Ketiga, jangan lupa untuk memperhatikan jenis tanki serta kapasitas penyimpanannya. Pemanas air berfungsi sebagai alat untuk memanaskan sekaligus menyimpan air sehingga akan tetap panas saat akan digunakan. Oleh karena itu, sebelum pemakaian, Anda wajib mengetahui jenis tanki apa yang digunakan serta berapa besar kapasitas penyimpanan yang ditawarkan.

2. Ketahui Ruang yang Diperlukan untuk Menyimpan Pemanas Air
Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah ruang yang tersedia di rumah Anda. Jika luas kamar mandi tidak memungkinkan untuk dipasangkan pemanas air yang memiliki ukuran besar, maka Anda dapat memilih alternatif lain dengan memilih pemanas air yang berukuran ideal serta ramping. Namun, sesuaikan juga dengan kebutuhan keluarga Anda.

3. Pahami Cara Mengoperasikan Pemanas Air
Pahami dengan baik bagaimana pemanas air beroperasi. Informasi terkait hal tersebut dapat Anda dapatkan saat pembelian atau melalui buku panduan produk. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak terkait jika Anda masih menemukan panduan yang belum Anda paham.

4. Pastikan Keamanan Produk Terjamin
Memastikan keamanan pemanas air merupakan hal yang penting. Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mengatasi masalah jika terjadi keadaan darurat. Misalnya, Gas Water Heater mengalami kebocoran gas atau Electric Water Heater mengalami korsleting. Hal-hal tersebut tentu dapat merugikan Anda jika tidak dilakukan antisipasi sejak dini.

5. Rawat Pemanas Air secara Berkala
Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah lakukan pengecekan serta perawatan pemanas air secara berkala agar kondisi pemanas air tetap dalam keadaan baik. Jika terjadi kerusakan setelah pemakaian, Anda dapat langsung menghubungi customer service produk Anda.

Selalu pertimbangkan kelima poin tersebut sebelum menggunakan atau memilih pemanas air.

Complete and Enjoy Your Life.